Cara Membuat Andoid Menjadi Remote TV Universal

Cara Membuat Andoid Menjadi Remote TV Universal - Hallo sahabat Tutorial Android, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Membuat Andoid Menjadi Remote TV Universal, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Aplikasi Android, Artikel Tips dan Trik, Artikel Tools, Artikel Tutorial, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Membuat Andoid Menjadi Remote TV Universal
link : Cara Membuat Andoid Menjadi Remote TV Universal

Baca juga


Cara Membuat Andoid Menjadi Remote TV Universal

2 Cara Membuat Andoid Jadi Remote TV Universal


Banyak sekali tutorial atau cara membuat android menjadi remote universal, tetapi isengandroid akan membahas juga 2cara membuat android menjadi remote televisi universal, Cara ini cukup menarik karena hampir semua merek, baik itu LG, Toshiba, Panasonic, Sony Bravia, Sharp, Sanyo, Samsung, Polytron, dan lainnya hampir bisa digunakan.
Jadi, simak baik baik tutorialnya yah!

2 Cara Membuat Andoid Jadi Remote TV Universal


Image © xl.co.id 


Cara Membuat Andoid Menjadi Remote Universal


Perkembangan teknologi yang pesat saat ini khususnya Smartphone Android, Menjadi device multi fungsi yang memiliki banyak kelebihan. Pada beberapa ponsel pintar ataupun tablet android bahkan sobat bisa melakukannya tanpa menginstall app atau software lagi, meski juga pada ponsel lainnya diperlukan third party application (aplikasi pihak ketiga) yang bisa kita download gratis (free) di Google Play Store untuk menjadikannya remote universal.


Mungkin dikarenakan banyak dari kita malas membaca tutorial pada buku panduan (guide book) yang disertakan dalam paket penjualan handphone, apps y ang terkadang sangat berguna untuk memudahkan dalam menonton acara televisi ini tidak diketahui. Android dapat kita rubah menjadi remote TV untuk mengganti saluran / channel dan menambah ataupun menurunkan volume suara dan lain-lain seperti remote tv biasa.


Sayangnya tidak semua smartphone android bisa digunakan sebagai remote TV, hanya beberapa perangkat yang memiliki fitur IR (InfraRed) saja. 
Dan tidak seperti masa lalu dimana infra red digunakan sebagai media transfer data, dan terdapat di banyak handphone kelas low end sekalipun.
 Sekarang ini justru fitur infra red hanya bisa dijumpai pada smartphone android high end seperti Samsung Galaxy S4, Galaxy S4 mini, Galaxy S5, Galaxy Note 3, Galaxy Note 3 Neo, Galaxy Mega 6.3, HTC One, HTC One Max, Sony Xperia Z2, LG G2, LG G2 mini, LG Optimus L9 II, dan LG Pro 2 saja yang memiliki fitur ini.


Uniknya, selain bisa dijadikan sebagai remote televisi, hp ini juga bisa digunakan sebagai pengganti remote peralatan elektronik lain, yang diantaranya adalah DVD Player, Air conditioner (AC), dan bahkan Sound Sistem dan Home Teather. Itulah kenapa disebut juga Universal Remote, karena memang bisa multi perangkat.


Pada Samsung Galaxy S4 dan Note 3, sobat bisa menggunakan aplikasi bawaan, yaitu Aplikasi WatchON. Jika sobat sudah terlanjur menghapusnya, sobat maih bisa download ulang di Google Playstore. Sementara pada smartphone lain yang memiliki fitur IR (infra red), sobat bisa menggunakan aplikasi IR Remote yang tersedia di Google Play Store.


Sementara pada smartphone lainnya, sobat harus terlebih dahulu membeli smart tv yang sekarang ini banyak tersedia, namun memang harganya masih selangit dan terbilang sangat mahal. Jika memiliki smart tv, saluran koneksi remote lebih beragam, bisa via Bluetooth atau WiFi. Jadi semua smartphone android bisa digunakan sebagai remote.


Berikut ini beberapa cara menjadikan android sebagai remote tv:



1. Menjadikan Android Sebagai Remote Tv atau AC dengan WatchON (samsung)


Jika ini pertamakalinya sobat menggunakan aplikasi ini, sobat harus terhubung dengan internet. Karena aplikasi WatchON akan men-download beberapa fitur didalamnya. Begitu pula jika belum di update, sebaiknya diupdate dulu agar semua fitur bisa berjalan lancar. Kalau sudah, berikut ini cara menggunakannya.




1. Tahap persiapan.

Buka aplikasi WatchOn >> Klik SELECT COUNTRY or REGION

Pilih Indonesia >> Pilih TV berbayar yang sobat gunakan. Jika sobat adalah pelanggan Orange TV, sobat bisa pilih Telkomvision. Jika provider sobat tidak ada, pilih Indovision saja >> akan muncul pilihan untuk personalisasi, pilih saja skip >> akan muncul syarat dan ketentuan penggunaan aplikasi, pilih Agree >> Setelah itu akan muncul semacam homepage berisi jadwal tayangan berupa gambar poster film.




2. Tahap pengaturan remote untuk TV dan Top Box (receiver / decoder / jika ada).


Pada homepage tadi, Tekan icon berbentuk remote di sebelah pojok kanan atas layar untuk melakukan pengaturan / setting TV >> pilih Continue >> pilih sesuai merk TV sobat. Jika tidak ada, klik Show Other Brands >> klik tombol Power untuk menghidupkan TV >> kalau TV bisa hidup dengan sempurna klik YES, This Code One Work. Kalau tidak bisa hidup, tekan Send This Code One Again untuk mengulangi. Kalau tidak hidup juga, tekan No, test next code xx (sesuai nomor kode) dan terus ulangi sampai bisa. Jika tidak bisa juga harap bersabar atas nasib apes sobat :D, laporkan ke pengembang aplikasi bahwa ada bugs didalamnya. Dan (kalau masih sabar) ulangi lagi dari awal. >> jika sudah, akan muncul pilihan Set-top Box dan My .... TV (sesuai merek tv sobat). Kalau tv sobat menggunakan tv dengan antena biasa (analog), pilih My ... TV dan proses selesai. Jika sobat menggunakan receiver / decoder, pilih Set-top Box. Dan lanjutkan >> pilih merek top box (receiver / decoder) sesuai dengan yang sobat miliki >> lanjutkan seperti langkah menyetel tv diatas.



3. Setelah semua langkah pengaturan tersebut selesai, HP Android sobat sekarang sudah bisa digunakan sebagai Remote TV. Cara mengunakannya cukup buka aplikasi, kemudian tekan tombol remote di pojok kanan atas.




Jika sobat memiliki beberapa TV yang berbeda, misalnya di ruang tamu dengan kamar, atau dengan televisi kantor, sobat juga bisa menambahkan pengaturannya. Yaitu dengan menekan tombol menu (setelah membuka WatchOn), kemudian pilih setting, dan pilih add room. Kemudian setel seperti langkah-langkah yang tadi sudah dijelaskan.




Jika sobat berlangganan TV kabel, pada homepage aplikasi ini sobat juga bisa melihat jadwalnya (meskipun tidak semua provider didukung). Untuk pengaturan meminimalisir jumlah jadwal, pilih hanya channel yang sobat langgani. Caranya, pada homepage tekan tombol menu, kemudian pilih channel. Silakan hilangkan tanda centang pada channel yang tidak dilanggan.




Sobat juga bisa membuat android sobat sebagai remote dvd player, Blu-Ray Player, AV receiver, streaming media player, maupun air conditioner (ac). Caranya, tekan tombol menu, pilih add device, kemudian pilih sesuai dengan perangkat yang sobat inginkan. Nantinya akan muncul pengaturan sebagaimana ketika sobat mengeset tv tadi. Lakukan sampai selesai, dan handphone sobat sekarang telah menjadi remote universal yang bisa untuk mengendalikan semua perangkat elektronik yang sobat miliki.



2. Menjadikan Android Sebagai Remote Tv dengan Aplikasi Pihak Ketiga


Untuk smartphone lain yang memiliki fitur IR (Infra Red) namun tidak didukung aplikasi WatchOn, bisa menggunakan aplikasi remote pihak ketiga yang banyak tersedia di Google Play Store. Salah satunya adalah IR Remote, berikut ini adalah cara penggunaannya.



Download dan install aplikasi IR Remote dari Google Play Store
Jalankan aplikasi tersebut dan sobat akan diberikan beberapa pilihan menu.
Pilih 'IR Database' untuk menampilkan daftar brand / merek televisi, dan pilih sesuai dengan merek tv sobat.
Setelah itu sobat akan dibawa ke home yang interface/antarmuka-nya sangat mirip dengan remote biasa.
Selesai, sobat sekarang sudah bisa mengganti saluran TV dan mengatur volume suara dengan hp android.

Selain aplikasi IR Remote, sobat bisa mencoba Samsung IR-Universal Remote, LG TV Remote, TV Remote Control Pro, Remote Control Collection, Universal TV Remote, dan lainnya. Yang menarik, aplikasi ini justru menawarkan fitur yang jauh lebih lengkap, seperti digunakan untuk mengatur AC, DVD player, HiFi, DSLR Camera, Car Audio, Xbox 360 dan lainnya.




Berikut sedikit review singkat dan cara penggunaan beberapa aplikasi lain tersebut.




Samsung IR-Universal Remote


Sebagaimana namanya, koneksi aplikasi ini menggunakan InfraRed. Dengan aplikasi yang ditawarkan dalam 2 versi (gratis dan berbayar / Pro) ini, smartphone atau tablet Android bisa digunakan sebagai remote TV, AC, DVD player, BluRay, Cable/Satelite Boxes, Media Player, Home Cinema, Audio System, HiFi, Xbox 360, RGB Leds dan banyak lagi.




Interface dan penggunaan fitur remote di aplikasi ini juga tidak sejenis, namun dirancang menyerupai antarmuka remote control sesuai dengan tipe dan mereknya.Setelah membuka aplikasi ini, sobat bisa langsung memilih mode remote control, dan langsung praktekan ke perangkat elektronik sampai sesuai.



LG TV Remote


Untuk sobat yang memiliki Smart TV merek LG, lebih tepat menggunakan aplikasi remote control ini (meski mungkin juga berjalan pada smart tv lain). Aplikasi yang dikembangkan LG Electronics khusus untuk televisi pintarnya ini merupakan alat kontrol semua Smart TV LG langsung dari smartphone Android.




Untuk menggunakan aplikasi ini, antara smartphone android dengan smart tv harus terhubung dalam satu jaringan WiFi yang sama.




Sobat bisa mengatur channel hiburan khusus, menampilkan home TV, mengatur volume dan banyak lagi. Yang menarik dari smart tv ini adalah, sobat bisa menghubungkan aplikasi ini dengan semua aplikasi lain yang sobat instal, termasuk berbagi (sharing) ke jejaring sosial mengenai apa yang sedang sobat tonton.




WebKeren


Iseng Android - Cara Membuat Andoid Menjadi Remote TV Universal

Sekianlah artikel Cara Membuat Andoid Menjadi Remote TV Universal kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Membuat Andoid Menjadi Remote TV Universal dengan alamat link http://ngoprekandroidyuk.blogspot.com/2016/04/cara-membuat-andoid-menjadi-remote-tv.html
Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Seo Expert
AUTHOR
September 15, 2018 at 2:32 PM delete

Recently, I have commenced a blog the info you give on this site has encouraged and benefited me hugely. Thanks for all of your time & work. telecomando universale climatizzatore

Reply
avatar